Cara Mengukur Kap Mesin

Cara Melakukan Pengukuran Kap mesin Mobil

Secara umum kap mesin mobil dibagi menjadi 5 Zona bagian untuk memudahkan pengukuran, yaitu

  1. Zona A, ukuran terlebar dari kap mesin.
  2. Zona B, Ukuran Terpanjang dari kap mesin.
  3. Zona C, Ukuran cekungan terdalam bagian atas kap mesin.
  4. Zona D, ukuran kap mesin yang menempel dangan sisi lampu mobil, dibagi dalam 2 ukuran D1 dan D2 (Tidak semua mobil memiliki zona D).
  5. Zona E, Ukuran cekungan terdalam bagian bawah kap mesin.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar.

Jual Stiker Mobil

Setelah dilakukan pengukuran, maka kami akan membuat template seperti dibawah ini. Dimana bagian gambar yang berada di dalam garis merah putus-putus masuk ke dalam zona Aman. Zona aman adalah daerah dimana gambar tidak akan terpotong dan dapat terlihat utuh setelah dipasang.

Sebagai contoh, Setelah melakukan pengukuran maka didapat ukuran:

  1. Zona A 75cm.
  2. Zona B 140cm.
  3. Zona C 9cm
  4. Zona D, D1 25cm dan D2 28cm
  5. Zona E 3cm

Stiker kap mesin mobil

Dengan demikian dapat dilihat secara jelas, bagian mana saja yang nantinya akan terlihat saat dipasang di kap mesin.

Catatan penting dalam mengukur!

jika kap mesin mobil anda memiliki cekungan atau lekukan yang cukup dalam, harus masuk ke dalam pengukuran juga.

contoh:

Stiker untuk mobil

Seperti yang terlihat pada gambar jika kita hanya mengukur dari Poin A ke B tanpa memperhitungkan lekukan yang ada pada bagian depan kap mesin, maka ukurannya mungkin hanya sekitar 110cm, namun jika memperhitungkan dengan ukuran Lekukan dengan melakukan pengukuran dari poin A ke C, maka akan ada penambahan ukuran sebesar 8cm. hal ini penting, karena jika salah ukuran maka gambar atau ukuran bahan menjadi tidak cukup.

Perlu diperhatikan juga bahwa pengukuran ukuran dari kap mesin dilakukan bukan untuk mencari ukuran pasti, namun hanya untuk membuat perkiraan sebelum proses cetak.

Harap teliti dalam mengukur ukuran kap mesin mobil anda, karena dapat membantu kami dalam membuat ukuran cetak yang mendekati akurat.

Perlu diperhatikan juga bahwa setelah melakukan pengukuran untuk Zona B, kami akan menambahkan ukuran tambahan sebanyak 20cm (10cm sisi kiri dan 10cm sisi kanan). hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pemasangan. Kelebihan dari ukuran tersebut dapat mempermudah saat proses stretching dari stiker, karena apabila ukuran bahannya terlalu mepet, maka anda akan kesulitan dalam melakukan proses stretching, khususnya bagi pemula.

Contoh: setelah dilakukan pengukuran pada Zona B didapat ukuran 140cm, maka nanti ukuran bahan yang diterima adalah sekitar 160cm. Namun bagi anda yang sudah berpengalaman, ukuran tambahannya dapat anda tentukan sendiri. Hal ini tentu akan membuat harga menjadi lebih murah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dan diketahui sebelum membeli.

  1. Proses pengukuran hanya untuk membuat kalkulasi atau perkiraan sebelum proses cetak, bukan untuk membuat ukuran yang presisi. Dikarenakan material bahan yang lentur dan mudah ditarik sehingga ukuran bahan setelah dipasang akan menjadi sedikit lebih besar dari aslinya.
  2. Khusus bagi anda yang pemula, Setiap mobil memiliki desain dan karakteristik kap mesin yang berbeda-beda, ada yang rata ada juga yang bergelombang, dan tingkat kesulitan pemasangan stikernya pun berbeda-beda. Lebih baik serahkan kepada ahlinya jika anda ragu untuk memasang sendiri.
  3. Warna Gambar yang anda lihat tidak akan sama dengan hasil cetak. Dikarenakan tiap layar HP/Monitor menampilkan tingkat kecerahan dan kedalaman warna yang berbeda-beda. Kedalaman Warna dan tingkat kecerahan layar yang ada pada layar hp/monitor anda belum tentu sama dengan layar hp/monitor milik kami.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan  atau belum jelas silahkan hubungi kami.